Posted by: mahadarma | May 30, 2012

Aplikasi Pencatat Keuangan

Disiplin dalam pengeluaran adalah penting. Belajar mengelola keuangan, termasuk mencatat segala aktivitas keuangan sangat diperlukan supaya aliran dana bisa terpantau dengan jelas dan tidak membingungkan ketika melakukan evaluasi pada akhir bulan.

Untuk itu perlu juga menemukan solusi kreatif dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan, salah satunya adalah dengan mencoba beragam aplikasi di handphone untuk mendapatkan yang terbaik.

Di Nokia N9 Meego, ada 3 aplikasi pencatat keuangan. Berikut review aplikasinya:

1. Smart Expense Lite

Secara tampilan masih tidak nyaman dipandang, namun lebih baik dibanding tampilan aplikasi My Accountant. Kekurangannya adalah aplikasi ini selalu memunculkan tampilan virtual keyboard dari N9 sehingga cukup mengganggu karena tampilan bagian bawah dari aplikasi tidak dapat dilihat atau diswype ke bawah. Solusinya adalah dengan swype ke samping kemudian masuk kembali ke aplikasi.

 

Aplikasi ini bisa menampilkan data dalam bentuk grafik, dan memiliki pengingat (reminder) pengeluaran. Smart Expense juga menyediakan pilihan untuk Backup dan Restore Data. Sayang, aplikasi ini hanya trial, jika ingin menggunakan full version bisa di download via Nokia Store seharga 10 ribu (potong pulsa).

2.  Toshl (free version)

Tampilan yahud, fresh dan tidak melelahkan mata, impresi pertama ketika menggunakan aplikasi ini. Selanjutnya untuk menggunakan aplikasi ini harus membuat akun dengan memasukkan email, kemudian dilanjutkan dengan input data transaksi yang cukup mudah. Kelebihan lain adalah bisa menyimpan data dalam cloud storage. Kekurangannya adalah keterbatasan dalam menentukan budget bulanan (hanya satu data budget bulanan) sehingga tidak bisa dipisahkan per alokasi anggaran, yang mengakibatkan terbatas pada catatan transaksi pengeluaran, selain itu Toshl juga tidak dapat menampilkan data dalam bentuk grafik seperti halnya Smart Expense, namun kita bisa melihat pengeluaran per tag.

Bisa export dalam berbagai format. Khusus Free Version hanya bisa dalam format .csv, untuk format .xls, .pdf dan google docs tersedia di Versi Pro. Pro Version tersedia seharga USD 19.99 via Paypal.

3. My Accountant
Aplikasi yang tergolong sederhana baik dari segi tampilan dan penggunaan. Ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini terasa ribet dan membingungkan dengan pilihan dan tampilan aplikasi. Namun segera setelah terbiasa maka tidak jauh berbeda dengan aplikasi keuangan lainnya.


Aplikasi ini gratis dan tidak perlu mengupgrade ke full atau pro version. Kita bisa melakukan pengaturan pemasukan dalam berbagai kategori (tidak hanya satu kategori), sehingga memudahkan bagi yang memiliki sumber pemasukan lebih dari satu. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk Backup dan Restore dan menampilkan data transaksi dalam bentuk grafik. Anda juga bisa menambahkan jenis data transaksi sesuka anda, dan memilih icon yang tersedia (meskipun terbatas).

Kesimpulan:

Jika Toshl disediakan untuk full versionnya di Nokia Store dengan harga maksimal IDR 20.ooo, maka saya pilih beli aplikasi tersebut.


Responses

  1. […] · Aplikasi Pencatat Keuangan […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: