Posted by: mahadarma | April 28, 2012

Kesadaran Hak Cipta

image from emptyeasel.com

Malam ini saya baru saja membaca tulisan mas Iskandar Zulkarnain, akrab dipanggil Mas Isjet -salah seorang moderator di Kompasiana- yang mengeluhkan gambarnya telah di”curi” oleh salah satu media berita online yang cukup punya nama.

Sangat miris karena yang melakukannya adalah sebuah media yang sudah cukup lama ada di Indonesia, pionir dalam media online, dan cukup punya kredibilitas. (Tulisan mas Isjet bisa dibaca disini )

Entah memang tidak tahu, tidak mau tahu, atau kemampuan untuk menghargai karya milik orang lain begitu rendah jadi seenaknya merasa itu menjadi milik bersama bahkan diaku jadi milik pribadi, sebagaimana budaya korupsi yang memang jadi budaya bangsa ini.

Masalah hak cipta memang sangat tricky, selain seringnya kita yang tidak mau tahu aturan (termasuk saya) kadang kita juga menyepelekan. Tak usah jauh-jauh, lihat bagaimana kritikan terhadap media elektronik (tv) yang mengambil data hanya dengan bermodal courtesy of youtube, atau sengketa hak cipta “Unyil” dari Pak Raden yang mengemuka belakangan ini. Blog yang asal copy-paste. Belum lagi ratusan atau ribuan sarjana yang plagiat tulisan orang lain. Sudah jadi rahasia umum.

Lalu salah siapa jika ada yang mencuri karya kita? Emang paling enak ngomong salah siapa, karena menyalahkan adalah pekerjaan yang paling mudah..hehehe.. Kita semua memiliki tanggung jawab, baik dari pemilik karya yang memiliki hak cipta, maupun yang akan menggunakan karya tersebut. Pemilik setidaknya me”label”i karya tersebut adalah miliknya, sehingga pihak lain mengetahui, dan jikapun dikemudian hari tetap disalahgunakan, maka niatnya memang sudah tidak baik.

Sebagaimana tulisan yang memiliki metode penulisan dan daftar pustaka untuk memastikan sumber-sumber tulisan, maka ketika kita akan mengunggah foto milik sumber lain, sepantasnya kita tuliskan asal sumber foto tersebut. Nah, bagi pemilik foto, sedikit tips, berikan watermark. Cukup banyak freeware untuk membubuhkan tanda air di gambar, silahkan googling dengan kata kunci watermark freeware dsb, hanya butuh sedikit ketelatenan. Daripada kemudian anda memaki-maki karena karya cipta dan kreatifitas anda digunakan pihak lain tanpa ijin. Masih mending kalo tidak dikomersilkan, jika sebaliknya? Mari tumbuhkan kesadaran dari diri kita sendiri.

Masalah tentang Hak Cipta Gambar bisa juga dibaca pada link-link berikut ini:

http://forum.kompas.com/umum-images/32639-hak-cipta-foto-di-dunia-maya.html

http://www.fotografer.net/forum/forum.view.php?id=3193715034

http://www.rismaka.net/2010/05/mengenai-hak-cipta-foto-atau-gambar-di-blog.html


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: