Posted by: mahadarma | April 3, 2012

Sayembara Berhadiah..

Report as Spam Denny JA

Memang betul jika ada yang mengatakan dunia maya adalah rimba. Namun serimba-rimbanya dunia maya, tetap ada etika terutama di sosial media. Bagaimana jika sebuah akun akhirnya mengganggu kenyamanan publik twitter?

Sebuah fenomena sosial media baru saja terjadi menyikapi perilaku akun sosial media yang menghebohkan jagad twitter Indonesia beberapa waktu belakangan ini. Ya, tidak lain tidak bukan adalah Denny JA yang memiliki akun @DennyJA_World akun ini ditengarai melakukan pembelian akun @Soal_Cinta  dan sudah menjadi pembicaraan yang meluas dikalangan pengguna twitter.

Kasak kusuk berubah menjadi sumpah serapah ketika para buzzer dari @DennyJA_World tak henti-hentinya melakukan kampanye (bahasa saya sih ngejunk/ngespam) yang dilakukan dari beberapa akun sehingga mulai mengganggu kenyamanan sejumlah pengguna twitter. Banyak yang sudah melakukan block dan report as spam, dan melaporkan ke twitter, sayangnya sampai saat ini akun tersebut masih hidup aja.

Hingga akhirnya pada sore ini, sejumlah pihak mengeluarkan inisiatif, semacam sayembara berhadiah, untuk meng-hack akun @DennyJA_World dan berani membayar sejumlah jutaan rupiah jika berhasil men-deact akun tersebut. Bak gayung bersambut, usulan itu mendapat tanggapan dari banyak orang yang mendukung siapapun yang bisa ngehack dan men-deact akunnya Denny JA. Hingga terakhir, total sudah mencapai angka 10 juta rupiah sumbangan dari pihak-pihak yang mendukung sayembara berhadiah ini.

Menurut saya inilah hukuman norma sosial alias etika di sosial media terutama di twitter. Ketika seseorang sudah merasa terganggu dan terakumulasi dengan beberapa pengguna lainnya, jadilah ia semacam musuh masyarakat, setidaknya musuh di twitter. Sebuah peringatan bagi yang mau mengikuti jejak Denny JA supaya berpikir 1000x sebelum menjadi musuh publik twitter. Carilah cara-cara yang sopan dan beretika dimanapun itu, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Mau dukung Report as Spam Denny JA? klik link berikut.

Sumber:

http://media-ide.bajingloncat.com/2012/04/02/kalau-ikutan-kuis-di-twitter-tuh/

http://media-ide.bajingloncat.com/2012/01/05/kala-akun-twitter-anonim-menghasilkan/


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: