Posted by: mahadarma | February 23, 2012

Review Nokia N9: Keren sih..

N9 Advertisement

Nokia N9: The Most Amazing Phone You’ll Never Buy – techcrunch.com –

Sebuah quote tentang Nokia N9 saya ambil dari judul sebuah artikel di Techcrunch yang menurut saya memang menggambarkan begitulah Nokia N9. Baiklah, karena sudah ditodong beberapa kawan, maka untuk tulisan kali ini saya ingin memberikan sedikit gambaran tentang Nokia N9 yang baru saya pakai belum ada seminggu.

N9 Advertise

Yang diingat pertama kali waktu denger Nokia N9 itu promonya dengan tagline: All Screen, No Home Button, Just Swype. Benar memang. Waktu unboxing N9, kagum juga dengan handphone satu ini. Mewah. Itu yang terbersit dalam benak saya. Sebelum otak-atik “mainan” baru, saya sempatkan browsing review dan spec dari N9.

Spesifikasi N9


Dalam paket pembelian Nokia N9 yang saya miliki, berisi: handphone, kabel USB charger,  slot charger, headset, silicon pelindung, dan bundling SIM card dari Indosat.

Paket N9

Kesan Pertama

Waktu buka slot SIM card tidak mengalami kendala, hanya saja langsung diribetkan dengan kondisi ternyata Nokia N9 menggunakan micro SIM card, untungnya kartu perdana Indosatnya tidak saya buang, ternyata itu sudah micro SIM ready. Selain itu, slot SIM card dan USB nya terkesan ringkih mudah patah, jadi harus hati-hati bener. (pengakuan seorang teman, punyanya sudah patah).

Slot USB-SIM

Coba dipegang beberapa saat, terasa agak berat, dan lumayan bikin lelah ditangan, meskipun sudah pake silicon tetap terasa licin. Ukurannya juga lumayan besar untuk telapak tangan saya yang kecil. Buat nulis enak, karena mungkin ukuran layarnya yang lumayan, jadi huruf tidak berhimpitan. Perpindahan antar-mukanya juga halus, sangat responsif dibandingkan beberapa handphone berbasis Android yang pernah saya coba. Salah satu kemudahan menggunakan Nokia N9 layar antar-mukanya HANYA 3: social feeds screen, home screen, dan multitasking screen. Jadi ga repot nyari aplikasi yang akan digunakan.

Test Aplikasi

Yang saya lakukan kemudian adalah melihat fitur dan mencoba beberapa aplikasi bawaan N9, antara lain:

Twitter for Nokia N9, secara umum aplikasi ini sama seperti aplikasi twitter standar bawaan lainnya, seperti twitter for blackberry. Meniru persis web twitter. Memang tampilannya smooth, dan ringan, tapi fitur retwit with comment, reply all, block, report as spam ga ada. Solusinya, instal aplikasi twitter lain, seperti TwimGo atau QNeptunea.

Music Player, sangat minus sekali, meskipun ada fitur dolby. Aplikasi pemutar musik bawaannya tidak dilengkapi dengan equalizer, dan efek suara, seperti yang saya temukan di Nokia 6120c saya. Output suaranya juga hambar, cempreng, tanpa bass dan treble boost. Solusinya, instal aplikasi Sigma Player, ada fitur equalizer.

Calender, seperti fungsi kalender pada umumnya, hanya saja karena tidak muncul di feeds screen maka solusinya instal aplikasi Organizer Feed. Dengan aplikasi ini agenda dan to-do-list akan muncul di feeds screen.

Camera. Sempat mencoba untuk motret di dalam kamar hotel, hasilnya lumayan bagus. Cek fiturnya, kurang efek kamera. Solusi, instal Camerapro.

Hasil Kamera N9

Contact. Baca panduannya bisa untuk import contact dari perangkat nokia lama, tapi setelah dicoba beberapa kali belum berhasil. Agak berbeda dengan Nokia 6120c saya, bisa import langsung dari microSD.

Import Contact di N9

Setelah mendapat arahan langkah-langkah yang tepat dari kawan pengguna N9 juga, akhirnya berhasil..

Sync Contact Nokia

Facebook. Tampilannya enak, dan tidak ada nge-lag sedikitpun. Sayang tidak bisa sync dengan Facebook Group. Jadi jika ada notifikasi dari grup, tidak akan muncul di aplikasi ini. Ada beberapa aplikasi di Nokia Store, sayang belum sempat saya coba.

Accuweather. Bagus buat panduan perkiraan cuaca, tapi jangan dijadikan pegangan, sudah beberapa kali ga akurat.

Document. Jika terbiasa menggunakan Symbian atau Blackberry, kita akan menemukan folder aplikasi Office. Nah di N9 ini awalnya saya bingung, iseng buka aplikasi document, ternyata semua file office bisa dibaca menggunakan aplikasi ini, dan lebih enak tampilannya. Untuk baca file pdf, word, powerpoint sangat nyaman, tidak terlalu kecil. Sayangnya memang tidak bisa untuk edit document.

Email client. Menurut saya email client di N9 ini bukan push mail meskipun ada opsi pushnya. Bahkan kecepatan real-timenya cukup mengecewakan dibanding aplikasi Seven Mail di Symbian, atau Blackberry. Hanya saja, email client di N9 sudah bisa menampilkan pesan HTML dengan tampilan yang lebih lega dibanding perangkat lainnya.

Personalisasi. Nokia N9 tidak bisa diubah theme-nya by default, harus download aplikasi Homescreen Backgorunds untuk merubah tampilan di N9.

Games. Satu kata: JUARA! Mulai dari grafis, soundnya sangat memikat. Jujur saya bukan pecinta game, tapi dengan 4 games bawaan: Angry Birds, NFS Shift, GOF 2, RealGolf 2011, semuanya sangat menakjubkan. Mantap dah.. jempol!

Diantara beberapa keunggulan Nokia N9, handphone ini memiliki kekurangan beberapa fitur, antara lain minus aplikasi radio, file manager, recorder, timer, yahoo messenger, converter, jadi bagi mereka yang terbiasa menggunakan handphone dengan aplikasi bawaan yang lengkap, ya anda harus sedikit effort untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut baik dari Nokia Store atau dari forum-forum online.

Selain itu, yang bikin agak kecewa adalah tiadanya NOTIFIKASI dari fitur-fitur seperti, email, twitter, facebook, dan YM.

Pengalaman baru lainnya adalah menggunakan SWYPE. Gara-garanya saya bingung gimana mau copy paste di N9, kalo handphone symbian kan ada editornya tuh. Nah Swype ini kira-kira fungsinya seperti fitur T9 di handphone dengan keyboard konvensional, hanya saja ini versi touchscreen dengan beberapa fungsi tambahan seperti edit, copy, dan lain-lain.

Swype N9

Swype N9

Masih ada satu lagi yaitu TERMINAL, ini sebenarnya untuk developer, kalo ga salah fungsinya mirip hacked di symbian, root di Android, atau jailbreak di iPhone. Tolong dikoreksi kalo salah, belum dicoba sih..😀

So…ini review saya, belum tuntas sepenuhnya karena belum semua fitur dicoba dan dioptimalkan, setidaknya buat gambaran performa Nokia N9. Kesimpulannya, handphone ini canggih, mewah, dan keren sih, tapi jika ada opsi beli N9 atau handphone tipe lain, saya mungkin akan menjatuhkan pilihan pada Lumia 800. Mengapa? Kapan-kapan dibahasnya ya. Buat yang mungkin sedikit “kelebihan” uang, suka kemewahan tanpa memandang daleman handphone, dan buat yang suka coba-coba, bolehlah N9 ini dibeli.

Overall, saya beri nilai 8 dari 10.

★ ★ ★ ★ ☆

Lumia 800

Untuk memperkaya wawasan khazanah N9 atau OS Meego bisa merujuk ke link-link berikut:

http://talk.maemo.org

http://my-meego.com

http://everythingn9.com

http://www.meegoexperts.com

http://www.n9fanclub.com

http://yoyocx.wordpress.com

http://n9indonesia.wordpress.com/

http://nokian9stuff.blogspot.com

http://www.nokian9forum.com/

Kaskus Lounge N9

―◦◦◦―

Oh iya, kelupaan.. mengingat ribetnya micro SIM card, daripada beli perdana baru atau motong di counter/gallery provider, maka saya putuskan beli pemotong SIM card, bonus micro SIM adapter jadi bisa switch dari micro SIM card ke SIM card reguler, lumayan cuma 50 ribu, itupun cuma ada satu toko yang jual model ini di Jogja (dari beberapa toko di Moses – Gejayan, pasar Kranggan, dan Ambarukmo Plaza). Di Kaskus juga ada sih.

Pemotong SIM card


Responses

  1. Untuk Nokia N9 masih cukup nyaman kan Mas Darma, dan sekarang jadi punya pemotong sim card … nanti pinjem ahhh buat Ipad😀 Aaminn

  2. alhamdulillah sangat nyaman sekali..🙂

    Amin…

  3. jajal sik…

  4. cara download apps kalau pakai N9 ini bgm ya bro? spt ke playstore nya gt…Maaf gaptek =D…thanks

  5. kan ada Nokia Store. Akses ke situ aja. Bikin account Nokia dulu tapinya.

  6. Mau nanya kenapa saya setiap mau mendownload aplikasi selalu gagal terus ada pemberitahuan penyedia aplikasi tetputus . Itu gimna yah ? Makasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: