Posted by: mahadarma | February 9, 2012

Panduan Eksis di Internet

” The Internet is becoming the town square for the global village of tomorrow.” – Bill Gates

Tidak bisa dipungkiri bahwa internet telah menjadi kebutuhan manusia saat ini, karena internet menghadirkan berbagai perubahan dalam sejarah kehidupan manusia. Internet menawarkan akses informasi tanpa batas sehingga mampu memangkas jarak dan waktu, seakan-akan dalam perkampungan global (global village). Global Village diungkapkan oleh Marshall McLuhan, seorang pakar komunikasi, yang menjelaskan bagaimana dunia terhubung dalam sebuah desa melalui teknologi elektrik dan pergerakan instan informasi, yang kemudian istilah ini digunakan untuk menjelaskan internet. Daniel Bell dalam karyanya The Coming of Post-Industrial Society  mengatakan jika modal dan tenaga kerja adalah ciri struktural utama masyarakat industri maka ciri masyarakat pasca-industri adalah informasi dan pengetahuan, dan tentu internet adalah bagian darinya.

A. Perkembangan Internet Indonesia

Lanskap Media Digital Indonesia, Salingsilang.com

Lanskap Media Digital Indonesia


Indonesia telah berkembang menjadi pengguna internet yang cukup masif, seperti yang dikatakan oleh Donny BU, Direktur Eksekutif ICT Watch dalam Seminar Internet Sehat dan Aman,

“Jumlah pengguna internet pada 1998 hanya mencapai 500 ribu namun kini jumlah itu tumbuh sangat pesat mencapai angka 55,23 juta pengguna di akhir 2011”

Hal senada diungkapkan MarkPlus Insight, bahwa jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2011 ini sudah mencapai 55 juta orang, meningkat dari tahun sebelumnya di angka 42 juta, dengan 50-80% adalah dari kalangan muda.

Suresh Subramanian, Deputy Managing Director TNS Indonesia, dalam perbincangan tentang Tren Internet, Perkembangan Dunia Digital, dan Perilaku Online di Indonesia Jakarta, menambahkan:

– Mengakses internet melalui sebuah ponsel kini sudah menjadi model dominan dalam akses online di Indonesia,

– Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter menduduki peringkat pertama mencapai 89 persen,

– Diikuti pengakses laman internet sebesar 72 persen,

– Membaca berita sebesar 61 persen.

Simak pula hasil riset We Are Social tentang internet di Indonesia:

Meskipun tingkat pengakses internet di Indonesia cukup tinggi namun hal ini tidak diseimbangi dengan pendidikan dan pemahaman yang baik dalam penggunaannya, sehingga masih banyak penyalahgunaan dalam penggunaan internet misal penipuan-penipuan melalui sosial media, pornografi, dsb. Maka dari itu, perlu adanya suatu pendidikan dan wawasan khusus untuk memberikan pengetahuan yang komprehensif terkait penggunaan internet terutama kepada remaja.

B. Etika di Internet.

Internet bagaikan hutan belantara, maka perlu ada rambu-rambu supaya masing-masing bisa dengan nyaman mengakses internet. Ada beberapa etika di internet (netiquette), disini saya mengutip tips dari Donny BU tentang aman saat online:

Pertama, berpikir sebelum mengunggah sesuatu.

Kedua, ambil tindakan dan laporkan jika mengetahui ada kejahatan.

Ketiga, hanya berbincang dengan teman yang benar-benar Anda kenal secara pribadi.

Keempat, pastikan Anda tahu cara mengatur privasi Anda dan jika tak tahu jangan ditunjukkan.

Kelima, berbincang dengan keluarga untuk berbagi tips yang Anda ketahui mengenai keamanan online.

Untuk e-book panduan internet sehat dapat juga di download disini

C. Tips Memilih Provider 

Herry SW, pengamat telekomunikasi independen, dalam acara “Bincang Axis” bertema EduAxis dengan berbagai komunitas online di Jogja, berbagi pengalaman dan tipsnya terkait telekomunikasi, internet, dan smartphone. Ada beberapa catatan yang disampaikan, antara lain:

  • Supaya dalam mengakses internet tetap nyaman, maka perlu adanya koneksi yang stabil. Ini yang susah ditemui di Indonesia. Harga yang mahal,  koneksi yang tidak stabil, dll.
  • Tidak ada koneksi internet yang murah, stabil, cepat, unlimited. Kalo ada, udah bangkrut providernya.

“Tidak ada operator yang sempurna”, tegasnya.

Beliau juga menjelaskan perbedaan kualitas antara koneksi wireless dan cable, ini penting supaya pengguna internet selektif dan terbuka wawasannya terkait isu konektivitas di Indonesia. Beliau juga berbagi tips dalam memilih provider, sebagai berikut:

1. Tak Perlu Setia, pisahkan antara SIM card (nomer) untuk nomer pribadi, layanan telepon/sms, dengan untuk internet.

2. Beda lokasi beda prestasi alias posisi menentukan prestasi.

3. Beda waktu beda koneksi, cermati waktu penggunaan terutama jam sibuk yang berakibat semakin lambat koneksi karena pengguna yang banyak.

4. Ponsel / modem, tentukan perangkat yang digunakan, apakah melalui handphone atau modem.

5. Murah belum tentu murah (FUP, Kuota, dll). Cermati ketentuan dan syarat dari operator yang digunakan.

Untuk itu, maka pengguna perlu:

1. Siapkan selalu kartu cadangan, jangan hanya pakai 1 operator, untuk menghindari jika layanan operator tersebut mengalami gangguan maka pengguna masih memiliki koneksi alternatif.

2. Kuncilah layanan di 3G. Ada pertimbangan positif dan negatif dengan memilih layanan 3G, namun secara umum koneksi lebih baik dalam kondisi 3G.

3. Berbagi via Wifi.

Dalam kesempatan tersebut saya sempat mengajukan pertanyaan, keluhan tepatnya, terkait lemahnya sistem Axis dalam memantau jumlah penggunaan kuota pelanggan. Saya merasa hal ini penting terkait transparansi. Beberapa rekan pengguna Axis juga mengeluhkan hal yang sama bahwa kuota mereka sering tidak sesuai, dalam bahasa sehari-hari disebut “nyolong kuota“. Dari pihak Axis memberikan sebuah jawaban yaitu pengecekan bisa lewat http://net.axisworld.co.id yang menurut mereka saat ini sangat update. Berikut screenshot-nya:

Net Axis World

Pada akhirnya, peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia perlu diimbangi dengan pengetahuan etika di dunia maya (internet), dan kemampuan untuk selektif dalam memilih provider supaya bisa berselancar dengan aman dan nyaman. Semoga membantu.


Responses

  1. Mantap jaya tulisannya gan…
    Semoga makin eksis deh

  2. waaah… keren banget nih postingannya… moga sukses dengan lombanya,… jangan lupa mampir dan komen ke http://rhianzflash.blogspot.com/2012/02/eksis-dengan-internet-oke-readers.html

    • terima kasih sudah mampir membaca dan komen. semoga sukses juga🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: