Posted by: mahadarma | December 15, 2011

Andai Menjadi Anggota DPD DIY..

Logo DI. Yogyakarta

Kompleksitas permasalahan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta umumnya adalah terkait masalah sosial-ekonomi, lalu-lintas dan transportasi, serta lingkungan dan mitigasi bencana, selain masalah terkait status keistimewaan Yogyakarta.

Melanjutkan tulisan saya sebelumnya Optimalisasi Peranan DPD di Daerah, selain kewenangan dalam UUD 1945 pasal 22 D dan UU no 27/2009 pasal 224 & 231, maka ada beberapa hal yang harus diperjuangkan DPD DIY baik melalui lobi ke pemerintah daerah maupun pusat, mengingat hal ini penting namun sepertinya terabaikan.

A. Bidang Ekonomi:

Pertama, melanjutkan pengawasan pembangunan daerah sesuai dengan Perda No 2 Tahun 2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi DIY 2009-2029. Memastikan pembangunan sudah sesuai dengan peruntukan tata ruangnya, wilayah mana yang akan difokuskan sebagai wilayah pertanian, perdagangan, atau kawasan cagar alam sehingga ekonomi dapat ditata dengan maksimal, tidak tumpang tindih dan mengganggu fungsi ekonomi masyarakat lainnya.

Tata Ruang DIY

Kedua, bersama-sama dengan Pemda dan DPRD, mengevaluasi dan mengkomunikasikan kembali tujuan pembangunan Propinsi DIY, apakah menjadi kota pendidikan, kota seni & budaya, atau kota pariwisata. Jika menjadi kota pariwisata, pariwisata model apa yang akan dibangun, apakah pariwisata alam, pariwisata cagar budaya, atau lainnya. Jangan sampai pembangunan DIY tidak terarah.

Ketiga, menghidupkan kembali pasar-pasar tradisional, usaha menengah ke bawah dengan memanfaatkan dan membatasi mall dan mini-market yang akan merusak ekonomi masyarakat kecil. Penguatan kerajinan asli Yogyakarta, seperti kerajinan perak, kerajinan grabah, dan lain-lain.

B. Bidang Sosial

Menggalakkan program yang telah dicanangkan bersama dengan Pemda, dan bersinergi dengan program-program yang diprakarsai  oleh masyarakat. Memastikan masyarakat mendapatkan akses dan kebutuhan yang mereka inginkan, sehingga porgram dapat tepat sasaran dan berguna, terutama pemberdayaan anak jalanan, dan masyarakat korban bencana erupsi merapi.

C. Lalu Lintas dan Transportasi

Peninjauan kembali kebijakan lalu lintas di Yogyakarta, antara lain evaluasi layanan transpotasi umum, termasuk bus TransJogja. Meski kehadiran TransJogja mendapat tanggapan positif, rupanya banyak yang mengeluh dengan penuhnya halte-halte tertentu, dan kondisi bus yang semakin memprihatinkan.

Selain itu, perlu dicari solusi bersama terhadap keberadaan bus kota yang sudah tidak ramah lingkungan. Bila perlu, perusahaan dengan bus kota yang tidak layak, diberikan pinjaman modal untuk melakukan standarisasi kendaraan, sistem trayek, dan juru mudi mereka layaknya TransJogja, kemudian bus-bus yang sudah usang dihapuskan. Ijin trayek  tak perlu diganti, sehingga Pemda juga tidak perlu repot untuk menambah armada TransJogja untuk menghindari overlapping, hanya Pemda perlu menambah halte.

TransJogja

D. Lingkungan dan Mitigasi Bencana

Menggalakkan pengetahuan bencana dan konservasi alam ke masyarakat umum, dan mengajukan pendidikan tanggap bencana sebagai kurikulum di sekolah ke Kemdiknas melalui DPR. Mengusulkan Pemerintah Pusat untuk membangun posko-posko bencana yang permanen. Mengusulkan kepada Pemda tentang penyesuaian tata kota sesuai dengan mitigasi bencana, misal dengan penetapan tempat-tempat evakuasi bencana, pemasangan rambu-rambu evakuasi (emergency evacuation route sign) jika terjadi bencana erupsi Merapi, gempa bumi, maupun tsunami.

Emergency Evacuation Route Sign

Emergency Evacuation Route Sign

Selain hal-hal diatas, perlu dibukanya akses komunikasi sebanyak-banyaknya, terutama kolom aspirasi rakyat di Harian Kedaulatan Rakyat, dengan mencantumkan identitas, kontak yang bisa dihubungi, dan juga sosialisasi apa yang telah dilakukan anggota DPD secara berkala.


Responses

  1. Kalau program2 itu bener2 terealisasi, bakal tambah maju DIY

  2. Terimakasih apresiasinya. Saya kira memang harus demikian. Cukup sulit mengidentifikasi permasalahan di DIY sebagai propinsi yg maju dan makmur. Tapi masih ada beberapa hal yg memang harus dibenahi. Mari disebarluaskan supaya bisa aspirasi ini bisa didengar. Salam.🙂

  3. wah ini keren nih…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: