Posted by: mahadarma | August 15, 2011

ON | OFF Chat 2011

Pada Sabtu 13 Agustus 2011, saya dan seorang teman menghadiri sebuah kegiatan di Solo, yang berjudul ON|OFF CHAT 2011 bertempat di Omah Sinten, Solo. Acara yang diprakarsai oleh ON|OFF ID, disponsori oleh US Embassy Jakarta (Kedubes AS) dan Akademi Berbagi (Akber) ini terdiri dari 2 acara, yaitu Seminar dan Sarasehan.

Awal mulanya saya dapat undangan lewat twitter dari pakde Blonthank (@blontankpoer) untuk menghadiri acara jagongan di Sekretariat Blogger Bengawan, Rumah Blogger Indonesia, di Solo. Tak lama berselang, Kepsek Akber Jogja, mas Nico Wijaya (@nicowijaya) memberitahukan juga kalo ada acara Akber di Solo, ketika saya cek temanya dan merasa cocok akhirnya saya putuskan untuk mendaftar. Meskipun pada awalnya saya sempat bingung dengan dua acara yang ada di Solo tersebut, namun akhirnya saya datang juga. Singkat kata, saya dan Bagus (@bulubagus) akhirnya bersepedamotor ke Solo.

Seminar “Pendidikan dan Social Media” yang diselenggarakan dalam acara ON|OFF Chat 2011 kali ini berjudul Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pendidikan. Dalam sesi pertama, selaku para pembicara yaitu, Bapak Agus Sampurna (@gurukreatif) dan Ibu Ainun Chomsun (@pasarsapi). Bapak Agus ini menceritakan pengalamannya mengajar dengan memanfaatkan sosial media dalam pembelajaran ke siswa-siswanya.

Sementara Ibu Ainun lebih banyak menceritakan pengalamannya sebagai Inisiator, Pengelola, dan Kepala Sekolah Akademi Berbagi (Akber), tentang ihwal awal mula Akademi Berbagi hingga berusia satu tahun, dan harapan beliau dengan adanya Akademi Berbagi.

Pada sesi kedua, acara dilanjutkan dengan tanya-jawab. Banyak pertanyaan-pertanyaan menarik sehingga cukup meriah dan interaktif.

Setelah break sholat dan makan (bagi yang tidak berpuasa), acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion. Peserta yang terbagi dalam grup (total 10 grup) diminta untuk menghasilkan sebuah ide yang berkorelasi dengan Pemanfaatan Media Sosial Untuk Pendidikan. Selesai berdiskusi, masing-masing grup memaparkan ide mereka dihadapan para pembicara dan juga peserta seminar, yang nantinya akan dipilih ide terbaik.

Saya yang tergabung dalam grup 3 (4 orang), melakukan brainstorming dengan cara masing-masing anggota mengeluarkan idenya, setelah itu kami diskusikan mana ide terbaik dan paling potensial untuk diajukan sebagai ide grup. Hasilnya adalah..

serta Goodie Bags yang isinya:

Yang diserahkan langsung oleh Mba Aulia Halimatussadiah (@salsabeela), Chairwoman ON|OFF ID.. (sst mba yang ini yang bintang iklan Indosat itu)

Photo Session

Yah setidaknya pulang dapat ilmu, tambah teman, dan dapat penghargaan.🙂

Kami sadar, penghargaan ini bukanlah sebuah akhir namun awal dari sesuatu yang lebih besar, doakan saja ide kami dapat terealisir, dan berjalan dengan sukses. Amin.

——————

Note:

Some of the photos in this page belongs to: http://www.flickr.com/photos/salsabeela

Bisa cek juga tulisan dengan tema yang sama di http://www.salsabeela.com/


Responses

  1. […] https://mahadarmaworld.wordpress.com/2011/08/15/on-off-chat-2011/ […]

  2. wah ini masnya yang dapat juara di on off itu ya..😀

  3. nice postingnya mas jadi keinget projectnya🙂

  4. Reblogged this on Selasar Inspirasi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: