Posted by: mahadarma | July 30, 2011

Ramadhan dalam Genggaman [1]

Ramadhan sebentar lagi, supaya tidak kehilangan momentum dalam menjalankan ibadah puasa, disini saya akan berbagi informasi tentang aplikasi-aplikasi Islami baik untuk platform Blackberry atau platform Java MIDP 2.0, semoga Ramadhan Anda sekalian penuh berkah dengan tulisan-tulisan ini. Amin.

1. Azan Mobile
Ramadhan, bulan puasa pasti berkaitan dengan waktu sahur, imsyak, atau jadwal berbuka puasa saat maghrib, biar ga salah jadwal dan tetap punya pegangan sendiri, alangkah baiknya mencoba menginstall aplikasi-aplikasi ini.

a. Athan (http://www.islamicfinder.org/mobile/wap/Athan.jad)
Aplikasi besutan Islamic finder ini cukup bagus. Disediakan pilihan download beberapa versi, gratis dan berbayar. Sayangnya, beberapa settingan hanya bisa diakses melalui versi berbayar seperti pilihan suara Azan, dsb.

b. Adzan Alarm (http://bb.iBNuX.net/adzan)
Aplikasi yang satu ini cukup ringkas, tapi menurut saya dibawah standard. Selain itu saya selalu mengalami kegagalan dalam melakukan penyettingan.

c. Azan (www.searchtruth.com)
Aplikasi ini sangat identik, jika tidak mau dikatakan sama, dengan aplikasi Athan dari IslamicFinder. Perbedaan hanya di tampilan saja, namun untuk settingan sama persis, bahkan aplikasi ini menyediakan pengaturan yang lebih rinci dibanding Athan yang versi gratis. Dengan kata lain Azan adalah Athan versi berbayar yang dikembangkan oleh pengembang lain.

 

d. SalatMK (http://m.matkeri.net/index.php?s=tf2)

SalatMK dikembangkan oleh Matkeri, sebuah perusahaan yang berbasis di Malaysia, khusus untuk platform blackberry. Disediakan ragam fitur yang mudah dan menarik untuk digunakan. Jangan lupa jika ingin menggunakan fitur “View Qibla” maka Anda harus mengaktifkan / mendownload Blackberry Map. Aplikasi ini juga memberikan kita kebebasan dengan penggunaan ringtone / suara azan punya kita sendiri.

e. Mobile Molvee (www.mobilemolvee.com)
Aplikasi yang cukup simple dengan pengaturan yang cukup lengkap meski ada tampilan untuk register di awal namun ketika ditekan cancel maka langsung ke tampilan utama dari aplikasi yang merupakan jam digital, dan hingga tulisan ini saya posting belum ada kendala berarti.

f. Prayer Times (www.guidedways.com)
Tampilan aplikasi ini cukup lengkap dalam 1 tampilan utama, mulai qiblat, waktu shalat, dsb. Kekurangannya, hanya menyediakan Jakarta, Medan dan Semarang, dan kita tidak bisa membuat lokasi / load city di versi gratisnya. Beberapa fitur hanya tersedia di versi Pro/berbayarnya.

g. Wasolim (www.wasolim.com)
Aplikasi untuk Blackberry ini menyediakan pengingat waktu imsakiyah, jadwal sholat bulanan, pencarian lokasi/kota, location based service, dengan tampilan yang sangat menarik. Kita bisa menambahkan beberapa kota dalam list yang tersedia. Selain itu aplikasi ini memiliki kompatibilitas dengan perangkat blackberry mulai OS 4.5 – 4.7. Kekurangan dari aplikasi ini adalah tidak meyediakan settingan lanjutan (advance setting) untuk mengkoreksi waktu azan seperti pada beberapa aplikasi yang saya tampilkan. Ini cukup penting mengingat tidak semua waktu yang tersedia  pada aplikasi ini benar-benar akurat. Selain itu, update lokasi hanya bisa dilakukan jika paket BIS (Blackberry Internet Service) aktif.

h. Ramadhan Pocket Guide (http://ramadhan.veelabs.com/)
Aplikasi yang juga untuk Blackberry ini cukup menarik karena dalam bahasa Indonesia, dilengkapi beberapa fitur tambahan seperti Promo dan Tips Ramadhan. Sayangnya, disini penulis belum memiliki kesempatan untuk mencoba karena persyaratan adalah Blackberry dengan OS 5.0 ke atas. Sedikit tampilan yang disediakan pada webnya sebagai berikut:

i. Islamic Pocket Guide

Untuk aplikasi ini kebetulan dicoba oleh teman saya, berikut linknya Ramadhan Pocket Guide : http://bit.ly/c1cjHh Atau Islamic Pocket Guide :http://bit.ly/j0tfH4

Terakhir, jika Anda tidak ingin menginstall aplikasi demi memperhemat memory HP Anda bisa juga akses ke situs-situs yang menyediakan layanan jadwal Azan secara online seperti pada situs http://www.pkpu.or.id/adzan.lite.php?id=60. Tinggal di simpan di bookmark broswser. Mudah bukan.

[ bersambung ..]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: