Posted by: mahadarma | July 25, 2011

Mengatasi Kejemuan di Sosial Media

 

Tak bisa dipungkiri ada sebagian orang yang bosan, jemu, muak dengan sosial media yang berujung dengan men-deact akun mereka. Adakah yang salah? Padahal kalo melihat dari statistik, ribuan orang membuat akun baru dan bergabung dalam berbagai macam sosial media.

Mari kita kembali pada dua hal, yaitu definisi dan fungsi dari Sosial Media.

Apa itu sosial media?

Sosial media, atau jejaring sosial, merupakan layanan online, platform, atau situs yang berfokus pada bangunan dan mencerminkan jaringan sosial atau hubungan sosial antara orang-orang, yang, misalnya, kepentingan saham dan / atau kegiatan. Sebuah layanan jaringan sosial pada dasarnya terdiri dari perwakilan masing-masing pengguna (sering profil), nya / hubungan sosial, dan berbagai layanan tambahan (Sumber: wikipedia)

Fungsinya?

Sesuai namanya sosial media digunakan sebagai media/medium untuk aktivitas sosial. Tiap sosial media memiliki perbedaan dalam peruntukannya, meskipun saat ini penggunaannya sudah melebar kemana-mana, baik pertemanan, promosi produk (marketing), politik, jurnalisme, dan hal-hal terkati penyebarluasan informasi. Namun penggunaan sosial media yang meluas ini ternyata tak selamanya mendapatkan tanggapan positif dari pengguna lainnya, dan menjadi salah satu alasan mengapa sosial media  menjadi membosankan. (Lebih lanjut baca kepribadian yang menjengkelkan di Sosial Media: Paling Ngeselin di MedSos )

Umumnya yang saya temukan mengapa orang jadi jenuh di Sosial Media karena Sosial Media menjadi ajang curhat alias online diary, banyaknya sales/marketing online, kemudian bertemu dengan orang-orang yang tidak memiliki netiquette alias etika online/etika di dunia maya, dan terakhir karena mereka tidak menemukan lingkungan baru melalui sosial media (baca: Perlukah Banyak-banyak Jejaring Sosial? .

Ini beberapa alasan mengapa orang berhenti menggunakan layanan Facebook/Twitter.

Facebook:

  • Banyak yang jualan.
  • Jadi semacam diary.
  • Wall penuh karena postingan game/aplikasi online.

Twitter:

  • Banyak Bot (Spam robot).
  • Banyak Sales/Marketing Online yang asal mention.
  • Terjebak pada debat, diskusi yang tidak berujung, isu-isu non-produktif, tidak membangun, misal perdebatan agama, perdebatan politik, dsb.
  • Bukan membangun network  atau pertemanan tapi mencari “musuh” dengan misal twitwar.
  • Berada pada lingkungan yang cenderung sepaham, se-aliran,  perbincangan menjadi monoton pada isu yang itu-itu saja, sehingga membatasi diri untuk open mind, dan kesempatan untuk memiliki pengetahuan yang lebih luas, dari beragam perspektif.
  • Tidak bisa mengambil resensi atau makna dari aktivitas di sosial media, misalkan membuat aktivitas bersama (contoh: Akademi Berbagi, Jalin Merapi, dll).

Bagaimana mengatasi hal-hal seperti diatas? Kembalikan saja sesuai fungsi sosial media, dan kebutuhan kita akan sosial media, namun tidak lupa untuk memilah dan memilih lingkungan pertemanan di dunia maya sehingga lebih nyaman dan sehat.

Takut tidak produktif atau menjadi anti-sosial? Coba baca Sosial Media: Media Sosial atau Anti-Sosial? Bagi saya, saya bedakan fungsi antara keduanya, misal: facebook untuk mengumpulkan kenalan atau relasi saya di sekolah maupun lingkungan kerja. Twitter untuk gathering, spreading and sharing informasi, terlepas kemudian ada diskusi menjurus ke debat selama masih sehat, tidak masalah. Dari twitter saya mengambil hal-hal penting untuk dipelajari kemudian ditulis. Manfaatkan fitur group di facebook, atau list di twitter. Jika ingin yang lebih simpel, silahkan cicipi Google+ yang sudah menyediakan fungsi circle.

Intinya, bukan sosial media yang salah karena tidak ada sosial media yang sempurna (baca: History doesn’t lie: There will never be a perfect social network) bukan lingkungan yang salah, tapi kitalah yang salah yang tidak siap dan tidak selektif dalam sosial media.

Selamat menggunakan sosial media secara sehat. Sekian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: