Posted by: mahadarma | July 18, 2011

Mencicipi Jejaring Sosial Baru: Google+

Ketika di twitter ramai memperbincangkan undangan untuk mencoba Google+, saya pada awalnya tidak menaruh perhatian alias tidak tertarik, sampai suatu hari ada teman di twitter yang menanyakan, “ini make-nya gimana..?”. Okay, dari situ saya coba “mencicipi” layanan terbaru dari Google tersebut.

Pertama-tama, iseng daftar ke https://plus.google.com/, ngga bisa. Browsing sana-sini, pengen tau gimana bisa akses ke Google+, ternyata isinya cuma bahas fitur-fiturnya aja. Kalo itu mah, lihat videonya aja di youtube, sambil baca tulisan dari detik klik disini. Eh, beruntung ada yang berbaik hati mau invite (Thanks mas Karmin Winarta a.k.a @fanabis).

Terus, gimana rasanya main Google+ ? Buat saya, kesannya biasa banget. Bisa jadi saya yang kurang mengeksplor fitur-fitur di Google+, atau kurang lama mencicipinya, atau sudah terlalu lama enjoy dengan Twitter, seperti ketika perpindahan dari Facebook ke Twitter pasti awal-awalnya mengalami kebingungan.

Nah, kesimpulan sementara saya, Google+ ini “rasa”nya ga jauh beda ama Facebook, mulai dari halaman home, profile,  cara update status, upload gambar, video, maupun link, tata letaknya, nge-like status pun sama, cuma bedanya pake istilah +1. Google+ beda di tampilan:

  1. Friends dikelompokkan dalam circle, atau kalo di twitter mirip list. Cuma lebih luas dalam fungsinya, misal share ke circle mana yang kita inginkan.
  2. Status bisa di-share layaknya di twitter.
  3. Belum bisa diakses via mobile web (kelemahan yang cukup fatal menurut saya)

Saya coba menggunakan UCWEB,

Dengan Opera Mini untuk tampilan seluler,

Untuk Opera Mini dengan tampilan desktop,

Nah, karena masih beta, pasti akan ada penambahan dan optimalisasi fitur-fitur dari Google+. Dengan membawa bendera Google, wajar saja kalo banyak yang tertarik, berharap lebih dari nama besar Google. Namun bagi saya saat ini masih nyaman berkicau di twitter.

Silahkan bagi yang mau menambahkan..🙂


Leave a Reply

Categories

