Posted by: mahadarma | January 18, 2011

"Silvio Berlusconi" dari Indonesia

12942027131458916018

Siapakah Silvio Berlusconi? Silvio Berlusconi adalah seorang tokoh ternama di Italia dalam berbagai bidang terutama ekomomi dan politik. Beliau adalah Perdana Menteri Italia terlama, mantan presiden klub sekaligus pemilik dari AC Milan. Para fans Milan alias Milanisti pasti kenal baik dengan tokoh satu ini.

Silvio Berlusconi, lahir di Milan (Italia), 29 September 1936 sebagai anak pertama dalam sebuah keluarga menengah-atas. Ia mengambil jurusan hukum di Università Statale di Milano. Karier bisnis Berlusconi dimulai dalam bisnis konstruksi pada tahun 1960-an. Ia mendirikan Edilnord pada tahun 1962 hingga menjadi perusahaan pengembang real estate yang sukses.

Lalu, siapakah “Silvio Berlusconi” dari Indonesia? Adalah Aburizal Bakrie atau yang akrab dipanggil Ical. Sepak terjang kedua tokoh ini – Berlusconi dan Ical- hampir sama, bahkan mendekati, setidaknya itu yang saya pahami. Kemiripan diantara kedua tokoh ini adalah menggabungkan politik, ekonomi, media dan olahraga.

Aburizal Bakrie (Ical) adalah anak sulung dari keluarga Achmad Bakrie, pendiri Kelompok Usaha Bakrie. Ical mengambil studi di Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung pada 1973, dan kemudian memilih fokus mengembangkan perusahaan keluarga, sebelum terakhir menjadi anggota kabinet. Ical juga dikenal sebagaiketua Kelompok Usaha Bakrie (1992-2004).

Berlusconi dan Ical (Bakrie Groups) menjalankan bisnis yang mencakup di bidang pertanian, real estat, perdagangan, perkapalan, perbankan, asuransi, media, manufaktur, konstruksi, dan pertambangan. Keduanya, terbilang sukses di bidang ekonomi, terlepas dari berbagai kontroversi. Hanya bedanya Berlusconi merintis karir pribadinya, sementara Ical menggeluti karir dari bisnis keluarga. Berlusconi adalah orang terkaya di Italia di tahun 2005 menurut majalah Forbes. Sedangkan Ical pernah di daulat sebagai orang terkaya di Indonesia pada tahun 2007, dan di tahun 2010 menurut majalah Forbes, Ical menduduki peringkat ke 10. Berlusconi dan Ical (Bakrie Groups) sama-sama penguasa media. Jika Berlusconi memiliki Mediaset, Bakrie punya TvOne dan Vivanews.com dibawah PT Visi Media Asia (VIVA). Sementara AnTV dipegang oleh anak dari Ical, Anindya Bakrie.

Dalam bidang politik, Berlusconi selain sebagai Perdana Menteri adalah ketua partai Forza Italia yang didirikan olehnya pada 1994. Sementara Ical dikenal sebagi Ketua umum partai Golkar sejak 2009, dan ketua harian Sekretariat Gabungan (Setgab) di Pemerintahan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II. Secara umum, Ical telah sukses dalam politik kecuali hanya belum menduduki jabatan utama di pemerintahan yaitu kursi kepresidenan.

Dalam bidang olahraga terutama sepakbola, Berlusconi dan Ical pun serupa meski tak sama. Berlusconi adalah pemilik klub AC Milan dan pernah menjadi presiden klub. Sedangkan Ical memiliki klub sepakbola PELITA JAYA FC, klub bulutangkis PELITA Bakrie dan “banyak” kontribusi terhadap PSSI (setidaknya menurut pengakuan Nurdin Halid).

Kedua tokoh ini juga tak luput dari kontroversi. Jika Berlusconi dengan skandal sex-nya, maka Ical dengan Lumpur Lapindo, dll.

Pada akhirnya, jika memang motivasi Ical adalah menyamai Berlusconi, maka tujuan akhir dari karir politiknya tentu jadi Presiden. Dengan demikian, Ical dapat dikatakan sebagai Silvio Berlusconi dari Indonesia. Sekian. (“,)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: