Posted by: mahadarma | January 18, 2011

Politik "Cuci Tangan" PSSI

Sejak berakhirnya piala AFF 2010, pro kontra kepemimpinan Nurdin Halid di PSSI selalu menghiasi layar TV, termasuk pro kontra keberadaan Liga Primer Indonesia, LPI. Banyak gerakan nyata yang kita temui baik dukungan spanduk, dukungan petisi “Nurdin Turun”, dan lain-lain.

LPI, sebagai sebuah liga yang menawarkan sebuah solusi alternatif dalam carut marutnya persepakbolaan nasional dianggap sebuah tandingan dan mengancam eksistensi PSSI. Lelucon yang basi sebenarnya. Bahkan pelatih Riedl sudah menetapkan kebijakannya dengan tidak menggunakan pemain dari LPI, alasannya dapat terancam sanksi FIFA.

Terlepas dari semua argumentasi hukum yang dijadikan landasan dalam pro dan kontra LPI, saya melihat ada indikasi pengurus PSSI hendak melakukan politik “Cuci Tangan”. Apa indikasinya? Anggap saja argumen legal PSSI adalah benar, dan ujung-ujungnya Indonesia kena sanksi FIFA nih, pasti Nurdin Halid.cs akan berdalih ini akibat adanya LPI dan dukungan pemerintah, sehingga melanggar statuta FIFA, pada akhirnya mereka “bebas” dari arogansi dan kebodohan mereka yang menenggalamkan sepakbola Indonesia. Di lain kondisi, jika Indonesia tidak terancam sanksi dan katakanlah gagal dalam Sea Games, yang ujung-ujungnya Riedl dipecat, saya kok punya feeling LPI dan para pemainnya bakal kena “getah” juga, bisa saja alasannya dengan adanya kompetisi LPI, PSSI memiliki keterbatasan para pemain bagus, yang tidak bermain di PSSI.

Kenapa saya begitu yakin? Ya yakin aja, wong prestasi yang kemarin aja diklaim prestasi mereka kok, dan menafikkan segala politisasi dan intervensi pejabat PSSI.

Akankah kita membiarkan Nurdin cs cuci tangan? Jangan kasih air sama sabun kawan. Bagaimana menurut Anda?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: