Posted by: mahadarma | January 4, 2011

Power Balance: Menakar Nalar dalam Sebuah Gelang

Pagi ini timeline di twitter saya rame tentang berita “penipuan gelang power balance“, bahkan hingga masuk worldwide trending topic (TT). Saya sendiri tidak begitu kaget, kecuali kaget kenapa banyak orang yang baru ngeh tentang itu. Kenapa ga dari dulu-dulu, itu saja pertanyaan saya.

Saya pribadi tidak percaya dengan hal-hal seperti ini, tapi saya lihat begitu banyak anak muda sekarang yang menggunakan gelang tersebut, entah memang sadar akan khasiatnya meski hanya sugesti, atau sekedar biar keren, gaul, dan mengikuti tingkah laku fashion para olahragawan internasional yang saya lihat juga menggunakan gelang dengan bentuk yang sama.

Gelang power balance adalah sebuah gelang dengan warna-warni trendi yang di”klaim” oleh pembuatnya mampu untuk: memperbaiki keseimbangan, meningkatkan flexibilitas, dan meningkatkan kekuatan inti tubuh. Dalam situsnya http://www.powerbalance.com, dijelaskan Power Balance adalah sebuah frekuensi lemah dan data biologis yang terprogram ke dalam media holografis (hologram). Nah, teknologi hologram ini di desain untuk beresonansi dengan medan biologis tubuh, energi dalam atau chi sehingga meningkatkan efisiensi sistem elektronik, kimia, dan organik tubuh anda. Produk ini didesain dan dibuat untuk meningkatkan, koordinasi, kekuatan, kelenturan dan daya tahan. Untuk penggunaan sehari hari  power balance juga terbukti meningkatkan kualitas tidur anda , selain juga meningkatkan imunitas mengurangi stress, sakit kekakuan, maupun mabuk di dalam perjalanan. Cara kerjanya seperti cara kerja dari garpu tala yang beresonasi dengan tubuh. Dengan menyelaraskan medan biologis, chi dalam diri anda menjadi terhamonisasi. Stress keseharian dan aktivitas fisik menyebabkan medan biologis menjadi tidak selaras. PB membalikan proses ini memberikan efisiensi harmoni dan keseimbangan.

Di beberapa blog dijelaskan bahwa rahasia gelang Power Balance adalah pada lambang/logo yang tersemat di hologram. Dikatakan bahwa gambar-gambar seperti dibawah ini sebagai perlambangan matahari dan menurut dia juga lambang ini sebagai universal symbol of unity.

Dari artikel yang dilansir oleh situs Gizmodo, dengan judul “PowerBalance Admits Their Wristbands Are a Scam“, bisa dibaca disini, memuat pernyataan minta maaf yang dimuat di media Australia pada 23 Desember 2010.

Dalam iklan-iklan kami menyatakan bahwa gelang Power Balance bisa meningkatkan kekuatan, keseimbangan dan fleksibilitas Anda.

Kami mengakui bahwa tidak ada bukti ilmiah yang kredibel yang mendukung klaim kami dan oleh karenanya kami terlibat dalam perbuatan yang menyesatkan dan melanggar pasal s52 dari Undang-Undang Praktik Perdagangan (Trade Practices Act) 1974.

Jika Anda merasa telah disesatkan oleh promosi ini kami meminta maaf tanpa syarat dan menawarkan pengembalian dana penuh.

Untuk mendapatkan pengembalian dana silakan kunjungi situs kami di http://www.powerbalance.com.au atau hubungi di nomor bebas pulsa 1800 733 436

Penawaran ini akan berlangsung sampai 30 Juni 2011. Agar syarat-syarat pengembalian dana terpenuhi bersama dengan ongkos kirimnya, Anda perlu mengembalikan produk asli Power Balance bersama dengan bukti pembelian (termasuk catatan kartu kredit, barcode dan penerimaan) dari penjual resmi di Australia.

Pemberitahuan koreksi ini telah dibayar oleh Power Balance Australia Pty Ltd sesuai janji kepada Australian Competition and Consumer Commission berdasarkan ayat 87B Trade Practices Act, 1974.

Sangat lucu bukan, pemikiran masyarakat kita digiring untuk mempercayai sesuatu yang tidak bisa diterima nalar, barang yang harganya mencapai kisaran Rp 200-Rp 450 ribu untuk yang orisinil, diklaim dapat membawa manfaat tertentu bagi kesehatan kita.

Ini bukti bahwa pemahaman masyarakat tentang kesehatan masih rendah, dan juga bukti bahwa kesehatan tidak bisa dibeli dengan barang yang harganya Rp 200-Rp 450 ribu. Mau sehat ya terapkan pola hidup sehat. Jangan kalahkan nalar anda dengan barang murahan yang tidak dapat memberikan kepastian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: