Posted by: mahadarma | December 9, 2010

Ber"Syariah" Ternyata Mahal Ya…

Saya sudah menggunakan layanan Bank Muamalat Indonesia sejak 2008. Sebagai bank yang ber-motto, Pertama Murni Syariah, layanan tabungan Shar-e nya membuat tertarik semua kalangan termasuk saya sebagai rakyat kelas menengah ke bawah.


Hidup di desa yang jauh dari akses informasi langsung tentang perbankan, dan tentu cabang bank-bank syariah, Bank Muamalat menjadi alternatif yang bagai “oase” di keinginan bersyariat. Salah satu kelebihannya waktu itu adalah tarik tunai gratis di ATM berlogo ATM Bersama, BCA/Prima, dan bebas biaya perawatan bulanan. Mudah untuk membuka rekening dan menabung karena bisa dilakukan via kantor post online. Menarik dan murah bukan? Ditambah lagi fasilitas tambahan Mobile Banking GPRS, dimana BSM (Bank Syariah Mandiri) juga punya.

Sebagai seorang muslim yang berusaha menegakkan syariat dan mendapatkan harta yang halal, saya dan keluarga berusaha menyimpan harta kami di beberapa bank syariah, salah satunya bank Muamalat, bahkan ayah, ibu dan adik-adik saya adalah nasabah bank ini.

Namun alangkah kaget bukan kepalang, Pertama, ketika Bank Muamalat yang “Pertama Murni Syariah” ini memberlakukan biaya administrasi/perawatan bulanan sekitar setahun lalu. Kaget yang kedua, sekitar sebulan terakhir, bank ini tak lagi menyediakan akses tarik tunai gratis via ATM Bersama maupun BCA/Prima.

Sementara jangankan ATMnya yang saya belum pernah lihat sama sekali, bahkan di Jogjakarta sebagai kota besar, kantor cabangnya pun yang pernah saya datangi di Jogja hanya ada 2. Sedangkan untuk Bank Syariah Mandiri memang sejak awal sudah transparan dalam biaya-biaya variabel dalam tabungannya. Entah untuk bank-bank berlabel “syariah” lainnya.

Bagi yang tidak percaya, saya kasih screenshot transaksi dari handphone saya melalui Muamalat Mobile Banking

129178860972447757

Dalam situs Bank Muamalat pada bagian produk Shar-e tercantum,

Manfaat dan keuntungan lainnya :

*.Tanpa saldo minimum
*.Gratis biaya administrasi bulanan untuk saldo rata-rata Rp 2 juta atau lebih
*.Gratis biaya penutupan rekening
*.Gratis biaya kartu, masa berlaku kartu tanpa limit
*.Bagi hasil bulanan yang kompetitif
*.Fasilitas Mobile Banking dan SMS Banking
*.Kirim uang dan tarik tunai di Malaysia
*.Online di seluruh cabang Bank Muamalat
*.Pilihan pembayaran zakat, infaq dan shodaqoh otomatis
*.Pilihan pembayaran rekening otomatis
*.Setoran minimum berikutnya yang ringan

Dengan semua fitur ini, lupakan kata “sulit” saat memenuhi kebutuhan transaksi Anda !
* kecuali di ATM BCA/Prima dan ATM Bersama

Sementara itu Artajasa sebagai penyedia layanan ATM Bersama, dalam situsnya menjelaskan,

ATM Bersama sendiri memiliki 3 fitur utama, yaitu tarik tunai, cek saldo dan transfer antar bank. Semuanya dilakukan secarareal time online. Kedepannya, segera dikembangkan layanan debit bersama dan pembayaran. Biaya transaksi ATM Bersama yang dikenakan kepada bank anggota ATM Bersama adalah sebagai berikut: untuk transaksi tunai, biaya yang dikenakan sebesar Rp 3.900,-. Untuk melakukan cek saldo, biaya yang dikenakan sebesar Rp 1.500,-. Sedangkan untuk transaksi transfer antar bank, biaya yang dikenakan sebesar Rp 5.000,-. Namun pemberlakuan besarnya biaya transaksi tersebut tergantung pada kebijakan masing-masing bank. Apakah bank akan membebankan biaya tersebut kepada nasabahnya ataukah biaya tersebut akan dikenakan kepada bank sebagai bagian dari servis mereka kepada nasabahnya. Tentunya disini bank tidak hanya melakukan efisiensi, namun juga diuntungkan karena memperolehfeedari pemakaian terminal untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah bank lain.

Apakah karena Bank Muamalat mulai kekurangan dana? Bersyariah ternyata mahal ya, atau hanya saya saja yang tidak mampu?  Anda pilih mana, mahal, fitur/fasilitas lengkap, non-syariah, atau murah, fitur/fasilitas terbatas, syariah?

Bukan saya tidak mau yang halal, tapi memang saya tak mampu, akhirnya saya pilih yang sesuai kantong saya sebagai rakyat kelas menengah ke bawah..


Responses

  1. saya kira juga gratis nih bank


Leave a Reply

Categories

