Posted by: mahadarma | October 24, 2010

Warung “Indomie” Jogja

Jika rekan-rekan datang ke Jogja, terdapat banyak warung-warung kecil yang umumnya buka 24 jam, menyediakan berbagai makanan, umumnya disebut warung Burjo (bubur Kacang Ijo) / Warung Indomie. Warung-warung seperti ini sangat diminati di Jogjakarta yang notabene sebagai kota pelajar, karena menyediakan makanan yang cepat, terjangkau, dan aksesnya yang 24 jam.

Setelah ramai pemberitaan mengenai razia Indomie di Taiwan, saya penasaran dengan apa yang terjadi di Jogjakarta, yang terkenal dengan warung Indomie/Burjo-nya. Ternyata pemberitaan tersebut tidak mengurangi minat para pembeli.

Umumnya warung-warung ini memang menggunakan produk Indofood (Indomie), entah memang menyesuaikan selera pasar atau di-support dari Indofood, karena setahu saya produk Indofood terutama Indomie memiliki harga yang lebih tinggi dibanding produk-produk lain serupa. Nama menunya lucu-lucu, ada intel/tante goreng/soto, intel itu akronim untuk indomie telur, sedangkan tante itu tanpa telur, es jerman (jeruk manis), es joshua (extra joss plus susu), es susi (susu sirup), sogem (soda gembira) dan lainnya. Selain mie instan, juga tersedia berbagai minuman instan, rokok, nasi sayur, dan makanan kecil.

Warung burjo/indomie mayoritas dikelola oleh pendatang dari Kuningan, Jawa Barat, namun ada beberapa yang dikelola oleh Jogja Group. Para pedagang ini juga berada dalam suatu paguyuban pedagang indomie, yang biasanya tiap tahun dibantu mudik bareng bersama Indofood. Sekarang, hampir tiap sudut Jogja ada warung-warung kecil seperti ini, dan nasi angkringan/sego HIK tentunya.. apa itu nasi angkringan/sego HIK ? lain kali deh disambung tulisannya.🙂

ah, jadi laper ngomong makanan..

“Mas, tante goreng susi satu ya…”

Catatan:

trims untuk Jamil yang udah mau difoto, cakep kok Dab..!🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: