Posted by: mahadarma | February 6, 2010

Negeri Online..

Sangat menarik jika kita mencermati pola perkembangan dan perilaku masyarakat negeri ini dalam dunia maya. Mengapa demikian, karena negeri ini yang seolah tidak mempunyai prestasi positif skala global, setidaknya dengan melihat data statistik yang saya lampirkan dibawah akan membuka wawasan kita tentang bagaimana kemajuan yang dialami oleh negeri ini sekalipun dalam dunia maya.


Dalam catatan saya, negeri ini sudah beberapa kali masuk dalam peringkat atas pengguna layanan jejaring sosial maupun layanan online lainnya, mulai dari Friendster, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Sementara pada 2 tahun terakhir, sebuah revolusi -kalo boleh dikatakan demikian- dalam penggunaan dan perkembangan perangkat seluler menjadi antusiasme tersendiri bagi kalangan masyarakat pecinta teknologi mobile yang mana berkembang dengan pesat pula.
Berikut sedikit data-data statistik yang saya miliki, Indonesia menempati:

  • Posisi 1 dalam pengguna Twitter di Asia dan nomer 6 di dunia sebesar 2, 4 % (Januari 2010)
  • Posisi 2 dalam pengguna Opera Mini di dunia setelah Rusia (Januari 2010)
  • Posisi 7 dalam pengguna Facebook di dunia dan nomer 1 di Asia sejumlah 1,759,980 (Januari 2010), nomer 9 dalam perkembangan pelanggan, 1 tingkat dibawah Malaysia
  • Posisi 1 dalam pengguna Friendster di dunia
  • Posisi 2 dalam pengguna Blackberry di dunia setelah Kanada
  • Posisi 5 dalam pengguna internet di Asia (Q2, 2009)
  • Posisi ke 13 dalam pengguna internet di dunia (Q2, 2009), sebesar 30 juta pengguna, 12,5 % penetrasi per populasi, perkembangan sejak 2000-2009 adalah 1400 %, dan merupakan 1,7% dari pengguna di dunia
  • Posisi ke 3 penggunaWordPress di dunia.

Boleh jadi, Facebook dan Blackberry adalah titik point awal dalam boomingnya akses internet di Indonesia. Dengan dua hal tersebut membawa dampak pada munculnya perangkat-perangkat yang mendukung akses internet murah, termasuk pemakaian aplikasi-aplikasi yang cukup populer seperti Opera Mini dan E-Buddy. Kemudian berkembang dengan program-program menarik yang disediakan oleh Provider Telekomunikasi baik program bundling perangkat handphone maupun penyediaan akses Internet Broadband dan Unlimited, dan peningkatan trend smartphone di Indonesia yang menurut RIM kepada Detikinet, mencapai 50% tiap tahunnya.

Namun demikian, perlu dipertanyakan seberapa efektif dan bijakkah penggunaan internet oleh masyarakat negeri ini, seberapa besar akses internet yang digunakan selain untuk keperluan jejaring sosial, karena data OperaMini.com menyebutkan dari pengguna aplikasi Browser Opera Mini di Indonesia, sebagian besar penggunaannya adalah untuk jejaring sosial selain juga dikarenakan beberapa ponsel bundling menggunakan Opera Mini sebagai browsernya.


Euphoria jejaring sosial bagaikan dua sisi pisau yang tajam & tumpul­, artinya perkembangan yang tejadi saat ini akan menjadi titik awal positif dalam bidang teknologi yang akan membawa kemajuan bagi bangsa dan negeri ini jika dikelola dengan seksama dan bijaksana.

Sumber:
http://www.internetworldstats.com
http://www.operamini.com
http://www.checkfacebook.com
http://techcrunchies.com/biggest-telecom-carrier-in-the-world/,
dan sumber-sumber lain.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: