Posted by: mahadarma | February 5, 2010

Crossposting Twitter ke Facebook Vice Versa

Anda pengguna Facebook dan Twitter dan ingin melakukan update status secara bersamaan, baik dari Twitter ke Facebook maupun sebaliknya? Tentunya akan sangat merepotkan jika harus membuka dua situs/aplikasi secara bersamaan. Untuk mempermudah, simak caranya..


Twitter ke Facebook. Ada dua pilihan untuk melakukan update status dari Twitter ke Facebook, yaitu menggunakan Twitter Application di Facebook atau menggunakan Selective Tweet Application. Perbedaannya, apabila Anda menggunakan Twitter Application maka semua update status Twitter yang Anda lakukan secara otomatis akan te-posting ke akun Facebook Anda. Jika Anda merupakan pengguna berat di Twitter dan hampir setiap saat melakukan update status akun Twitter Anda maka akan berpengaruh pada “penuh”nya wall status di akun Facebook Anda dengan Twitterfeeds. Untuk mengatasinya maka disediakan aplikasi Selective Twitter.


Untuk menggunakan aplikasi Twitter di Facebook, yang harus dilakukan adalah masuk ke http://apps.facebook.com/twitter
, setelah itu Anda masuk ke halaman muka dari aplikasi tersebut silahkan di klik ALLOW kemudian lakukan masukkan LOGIN Twitter Anda. Aplikasi Twitter telah aktif pada akun Facebook Anda. Untuk mengizinkan Twitter meng-update status Facebook Anda klik tombol Allow Twitter to Update Your Facebook Status. Twitter akan menanyakan halaman Facebook mana yang hendak Anda sambungkan dengan Twitter. Disini Anda bisa memilih profil Facebook diri Anda sendiri atau Facebook Pages yang Anda miliki. Selanjutnya klik Allow Status Updates. Kini kita kembali ke halaman utama aplikasi Twitter di Facebook. Ketik status terbaru Anda dan klik Update. Status yang baru saja Anda kirim tadi secara otomatis akan muncul di halaman Twitter dan profil Facebook Anda.

Untuk aplikasi Selective Tweets, silahkan masuk ke http://apps.facebook.com/selectivetwitter, setelah itu masukkan akun Twitter Anda, jika ada notifikasi konfirmasi lakukan klik Allow. Untuk update status, cukup tambahkan “#fb” (tanpa tanda ” “) di status Twitter Anda supaya update status Twitter Anda ter-post ke akun Facebook. Jangan lupa untuk Setting Twitter di akun Twitter Anda jangan di centang (
)untuk Protect my Tweets.Untuk melihat tutorial lengkapnya silahkan klik disini.

Facebook ke Twitter. Hal yang sebaliknya jika update status Anda di Facebook ingin ditampilkan di akun twitter, maka gunakanlah aplikasi fb2twitter di http://apps.facebook.com/fb-twitter/ atau http://www.fb2twitter.com. Masukkan username dan password dari akun twitter Anda, kemudian klik Allow untuk konfirmasi.

Hal yang sangat disayangkan adalah untuk meng-update status di Facebook supaya ter-update juga di Twitter, harus dilakukan dengan menyorot logo twitter seperti gambar dibawah

dan itupun muncul keterangan seperti dibawah ini:


Hal ini diabaikan saja, seperti yang telah diumumkan di situs fb2twitter.com atau di aplikasi fb2twitter bahwa Facebook telah menutup akses mereka karena mengganggu Term of Use, namun masih bisa dipergunakan dengan cara seperti yang telah saya jelaskan diatas. Nantinya update status twitter Anda akan muncul keterangan ” from fb2twitter”.

Selamat mencoba..!

.: catatan: belum pernah dicoba untuk facebook mobile (facebook via handphone), jadi belum bisa direview apakah bisa digunakan di facebook mobile ke twitter.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: