Posted by: mahadarma | February 1, 2010

Menjadi NewsAddict [2]

Dalam tulisan sebelumnya yang berjudul Menjadi NewsAddict [1], saya sedikit memaparkan bagaimana menjadi penikmat dan penggemar berita melalui layanan microblogging Twitter. Untuk tulisan ini, saya akan memaparkan menjadi penikmat dan penggemar berita melalui layanan RSS pada perangkat handphone.

Twitter dan RSS adalah dua layanan yang berbeda secara fungsi dan tujuan, tapi kita bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan akses berita dan informasi secara cepat dan mudah. Jika kita memiliki akses data internet yang terbatas dan hanya menginginkan informasi terkini secara berkala, akan lebih baik jika memanfaatkan layanan RSS Feed.

Dalam situs antaranews.com, dijabarkan RSS (Really Simple Syndication) adalah istilah dalam teknologi Internet yang merujuk pada cara men-sindikasi-kan konten sebuah situs web (web syndication). Layanan ini memudahkan pengguna Internet agar selalu dapat mengetahui ringkasan konten terbaru dari situs tertentu tanpa harus terlebih dahulu mengunjungi situs tersebut. Selain itu, RSS yang disediakan sebuah situs dapat digunakan untuk melengkapi konten situs lain. Sementara Wikipedia menjelaskan teknologi yang dibangun dengan RSS mengijinkan kita untuk berlangganan kepada situs web yang menyediakan umpan (feed) RSS, biasanya situs web yang isinya selalu diganti secara reguler. Untuk memanfaatkan teknologi ini kita membutuhkan layanan pengumpul. Pengumpul bisa dibayangkan sebagai kotak surat pribadi. Kita kemudian dapat mendaftar ke situs yang ingin kita tahu perubahannya. Namun, berbeda dengan langganan koran atau majalah, untuk berlangganan RSS tidak diperlukan biaya, gratis. Tapi, kita biasanya hanya mendapatkan satu baris atau sebuah pengantar dari isi situs berikut alamat terkait untuk membaca isi lengkap artikelnya.

Pada intinya, kita bisa mengakses berita secara online tanpa harus memasukkan alamat web yang akan kita tuju dimana kita mendapatkan update konten berita dalam situs atau blog secara keseluruhan, bukan per artikel. Ini akan memudahkan bagi kita yang seringkali mengakses media online lebih dari satu situs. Dengan sistem berlangganan yang gratis dan dikumpulkan akan memudah para pengguna RSS karena bisa membaca berita dalam suatu kumpulan.

Berikut ini saya sertakan ilustrasi dua aplikasi yang berbeda jika digunakan di handphone. Jika pada Twitter kita akan melihat status/tweets berupa headline saja berikut link untuk membaca keseluruhan artikel. Kita juga dapat berinteraksi dengan pemilik akun untuk membalas status twitternya atau melakukan re-post (re-tweet) status milik orang lain atau dalam konteks NewsAddict, melakukan Re-Tweet untuk menyebarkan informasi kembali.

Sementara jika pada RSS Reader kita akan mendapatkan headline beserta artikelnya secara lengkap. RSS Reader atau aplikasi pengumpul/pembaca RSS akan mengkoleksi konten berita dan informasi dari link RSS yang telah kita tambahkan dalam aplikasi RSS Reader. Jika para pembaca bingung bagaimana cara kerja dan tampilan RSS Reader, sebagai gambaran sedikit saya singgung beberapa aplikasi yang sudah ada yang mungkin pernah dicoba seperti Mobinity dan Mobee yang menyediakan konten Kompas Mobile dan beberapa media lainnya.

Berbeda dengan aplikasi Mobinity dan Mobee dalam tulisan yang saya maksud kali ini adalah aplikasi RSS Reader yang umum, yang mana kita bisa mengedit link RSS yang kita inginkan.

Lalu, bagaimana cara kita menggunakannya? Pertama, silahkan melakukan instalasi aplikasi RSS Reader untuk handphone Anda yang sangat mudah ditemui jika kita melakukan pencarian di mesin pencari. Pada umumnya aplikasi-aplikasi tersebut berbasis Java dan cukup kompatibel untuk handphone saat ini. Kedua, silahkan menambahkan link-link RSS dari situs media online atau blog yang Anda sukai, biasanya akan ada simbol seperti dibawah ini, untuk di klik dan mendapatkan alamat RSS nya, dan setelah itu update sesuka Anda.

contoh alamat RSS seperti http://www.antaranews.com/rss/news.xml, http://www.detikinet.com/feed, dll. Anda pun bisa menggunakan RSS di komputer atau laptop juga, untuk tutorialnya bisa di klik disini,

Nah, itu adalah cara-cara saya menikmati berita, bagaimana dengan Anda?



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: