Posted by: mahadarma | July 6, 2011

Belajar Perencanaan Keuangan (Financial Planning)

Perencanaan keuangan (Financial Planning) bagi saya adalah sesuatu hal yang baru, dan belum pernah saya lakukan atau pelajari sebelumnya. Sebelumnya, saya hanya melakukan pencatatan dan pengalokasian dana secara abstrak baik untuk pendapatan dan pengeluaran. Saya memiliki keinginan merubah kebiasaan pencatatan keuangan supaya bisa lebih terencana dalam menggunakan uang. Tulisan saya buat dengan bahasa sehari-hari saya, sebagai orang yang awam, dan tidak paham sama sekali tentang ekonomi. Tulisan ini sekedar pengantar, karena saya pun belum mahir. Harapannya, dengan tulisan ini, pembaca bisa menjadi tertarik untuk mengikuti langkah yang saya lakukan.

A. Apa itu Perencanaan Keuangan?

Perencanaan keuangan pribadi adalah suatu proses pencapaian tujuan pribadi melalui manajemen keuangan yang terstruktur dan tetap. ( Sumber )

B. Mengapa Perencanaan Keuangan?

Disadari atau tidak, biaya hidup saat ini sangat mahal, biaya hidup tidak hanya sebatas urusan sandang-pangan-papan, tapi mencakup biaya lain yang harus direncanakan sejak dini, seperti asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, dsb. Sebagai keluarga muda, saya cukup menyadari jika kebutuhan ke depan akan meningkat seiring waktu dan juga kebutuhan keluarga terutama anak. Banyak orang yang tidak melakukan perencanaan keuangan dengan matang, dan berprinsip mengalir saja. Saya belajar dari orangtua yang berprofesi PNS, dan mengandalkan satu gaji saja, dan sejauh yang saya tahu tidak melakukan perencanaa keuangan secara matang, meski hingga kini orangtua saya mampu membiayai hidup dan sekolah kami hingga jenjang universitas. Namun terkadang hal itu tidak cukup ketika pada saat tertentu ternyata ada kebutuhan keluarga yang mendesak. Mungkin perencanaan keuangan bukan hal yang baru bagi masyarakat ibu kota, atau masyarakat ekonomi kelas menengah ke atas. Tapi bagi saya, ini hal yang baru, dan membingungkan. Untuk itu saya mulai belajar melakukan perencanaan keuangan, hitung-hitung melakukan persiapan dini untuk keluarga saya.

C. Siapa yang harus melakukan Perencanaan Keuangan?

Siapa saja boleh bahkan harus melakukan perencanaan keuangan jika ingin memiliki keuangan yang rapi, teratur, dan kehidupan jangka panjang yang lebih layak.

D. Kapan melakukan Perencanaan Keuangan?

Idealnya Perencanaan Keuangan dilakukan sedini mungkin, ketika seseorang memiliki tanggung jawab terhadap uang. Semakin dini kita melakukan perencanaan keuangan, semakin bagus karena melatih disiplin juga. Umumnya sih ditingkat mahasiswa sudah mulai.

E. Bagaimana melakukan Perencanaan Keuangan?

Saya pribadi memulai dengan mendisiplinkan diri dalam pencatatan transaksi keuangan. Itu saja dulu. Jika setiap transaksi pemasukan dan pengeluaran dengan disiplin tercatat, perlahan-lahan pelajari konsep “Perencanaan Keuangan”, seperti berapa persen dari pemasukan yang harus ditabung, berapa yang harus di investasikan, apa rumus investasi, investasi dan asuransi macam apa sajakah yang penting, dsb. Bisa dibaca pada link referensi di akhir tulisan ini.

Kalo males baca-baca panduan keuangan, ada situs yang bisa membantu kita, tinggal masukin data aja, klik disini.

F. Cara-cara sederhana melakukan pencatatan transaksi keuangan.

Supaya data pendapatan dan pengeluaran bisa tercatat dan lebih optimal dalam perencanaan keuangan. Bagi yang awam bagaimana melakukan pencatatan transaksi keuangan, ada beberapa aplikasi & software yang bisa digunakan, antara lain:

· Simple spreadsheet excel

Basisnya adalah program excel, namun sudah dimodifikasi dan kita cukup menginput data sesuai yang diinginkan. Ada beberapa file excel yang semuanya bisa di download disini

· Easy cash manager

· Jabplite (for mobilephone)

Bisa synchronize untuk di PC/Laptop

· My Family Accounting

Saya nyoba yang Advanced Edition Mini karena free.

· Finance Explorer Portable

· GNU cash

Beberapa reviewer mengatakan software ini bagus, kebetulan juga free, namun saya belum mencobanya, bagi yang mau mencoba, silahkan download di http://www.gnucash.org

Pengen belajar mengatur keuangan lebih lanjut? Cek  situs www.aidilakbar.com, www.qmfinancial.com, www.perencanakeuangan.com,  atau browsing dengan kata kunci: financial planning, perencanaan keuangan pribadi, asuransi pendidikan, tabungan pendidikan, dan lain lain.

Referensi:

http://lifestyle.okezone.com/read/2011/07/10/196/478055/

http://chiilz.tumblr.com/post/3308049308/misi21-chapter-3-day-3-akademi-berbagi

http://www.muhammadnoer.com

http://motivator-sudiarto.blogspot.com/2009/03/perencanaan-keuangan.html

http://pujirahmat.blogdetik.com/category/finance/

http://el-zone.com/index.php?option=com_content&view=article&id=54:perencanaan-keuangan-pribadi&catid=47:kewirausahaan&Itemid=53

http://dinalunardi.com/

http://www.lafamilledewijaya.com/search/label/Financial%20Planning

 

Update 30 May 2012

· Aplikasi Pencatat Keuangan



Responses

  1. terima kasih infonya, ini sangat membantu saya kedepannya. Salam kenal mas :)

  2. wah topiknya mengingatkan pelajaran kuliah :P

    • saya malah ga pernah kuliah ini, hehehe.. kesadaran diri aja kalo perlu perencanaan keuangan yang lebih matang.. :)

  3. wah , izin download ya. ini sangat bermanfaat

  4. bagi wanita sebenarnya itu perlu sekali..
    terlebih yang suka menganggarkan semuanya..

  5. yo wis sing hatur nhun mas,,, mudah-mudahan manfa’at bagi saya ….

    amiin,,,
    maksih mas…

  6. makasih infonya dan ilmunya…saya ijin copas pak


Leave a Reply

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,064 other followers

